Saturday, February 21, 2015

Berburu Kuliner Maknyus di Jogja

Berburu Kuliner Maknyus di Jogja | Ngayogyokarto Hadiningrat merupakan nama asli dari Yogyakarta yang cukup ngangeni. Jogja atau Yogya ini memiliki julukan kota pelajar disebabkan banyaknya universitas di kota ini. Namun salah satu hal yang menarik adalah kuliner yang bervariasi dan menarik di sekitar kota pelajar ini. Apa saja kuliner yang bisa anda dapatkan ?
Tempat Lokasi  Wisata Kuliner Jogja Yogyakarta


Gudeg
Gudeg sudah pasti menjadi salah satu kuliner yang harus dicoba. Pasalnya gudeg sendiri merupakan ciri khas kota Jogja di sektor kuliner. Kuliner ini bisa anda dapatkan di beberapa tempat. Namun pusat kuliner gudeg ini terdapat di sekitar Jl Wijilan yang sangat komplit. Dari ujung ke ujung anda bisa menemukan warung gudeg yang lezat.

Warung Pak Djum
Yang menjadi incaran para mahasiswa dan juga wisatawan ketika mengunjungi Jogja adalah tongseng balungan Pak Djum yang berada di daerah Sagan. Warung Pak Djum ini memiliki kuliner favorit bernama tongseng balungan dimana tulang ayam yang masih terdapat daging dihiasi kuah tongseng yang pedas dan nikmat.

Ratengan Bu Warno
Ratengan ini merupakan sego empal yang juga menjadi salah satu kuliner buruan para wisatawan. Salah satu sego empal yang enak adalah milik Bu Warno yang berada di Pasar Bringharjo. Ratengan ini merupakan daging empal yang terdiri dari urat yang ditambahkan dengan jeroan sapi.

Yamin Pathok
Tentu menu kuliner yamin sudah banyak ditemukan di beberapa daerah. Namun Jogja memiliki tempat makan yamin yang selalu laris dan menjadi buruan para wisatawan. Yamin Pathok yang terletak di daerah Pathok ini memang sangat lezat dan gurih. Mie yang kenyal serta daging ayam yang nikmat membuat mie yamin ini menjadi salah satu menu rekomendasi wisata kuliner Yogyakarta.

Sop Merah
Salah satu kuliner yang menjadi buruan adalah sop merah yang berada di jalan Mayjen Sutoyo dekat daerah Tamansiswa. Sop merah ini sebenarnya sangat sederhana. Berisi kacang merah dan juga kuah kaldu ayam, membuat kombinasi sederhana ini mampu memiliki rasa yang istimewa. Disarankan jika ingin mencoba sop merah, datang lebih awal sekitar jam 5 sore. Pasalnya antrian bisa sampai puluhan lebih pada jam 7 malam.

Coklat Monggo
Salah satu oleh-oleh khas Jogja adalah coklat Monggo. Coklat ini memiliki aneka jenis rasa yang cukup unik. Bahkan saat ini coklat monggo memiliki cafe yang terletad di daerah Plengkung Gading. Ketika berlibur ke Jogja, sempatkan untuk mampir ke pabrik coklat monggo dan juga cafenya tersebut.

Bakpia
Salah satu oleh-oleh khas Jogja adalah Bakpia. Daerah Pathok menjadi salah satu pusat oleh-oleh Bakpia yang komplit. Di sepanjang jalan Pathok, berderet toko bakpia. Kuliner khas Jogja ini sekarang memiliki variasi yang cukup banyak. Mulai dari kacang hijau, keju hingga coklat bisa dinikmati.

Bakmi Jawa
Setiap wisatawan yang berkunjung ke Jogja, pasti penasaran dengan yang namanya bakmi jawa. Salah satu tempat kuliner yang diincar adalah bakmi jawa Shibitsu yang berada di jl. Bantul. Rasa kuah kaldu yang kental membuat bakmi godog akan semakin nikmat dan lezat.

Wisata kuliner Yogyakarta memang memiliki pesona dan juga keunikan tersendiri. Apalagi aneka variasi yang ditampilkan akan membuat para wisatawan yang berburu kuliner di kota pelajar ini akan merasa puas. Yang pasti Jogja akan meninggalkan kesan tersendiri yang tidak terlupakan. Kunjungi juga berbagai macam pilihan kuliner yang lebih menarik dari Bandung.

No comments:

Post a Comment

Menjajal Keunikan Sate Klopo Ondomohen Surabaya

Menjajal Keunikan Sate Klopo Ondomohen Surabaya |Setiap orang yang berkunjung di sebuah kota tentu tak akan melewatkan sajian kuliner di...